Jendela AlaUniversitas

Mahasiswa UTU Lolos KMI Award 2022

×

Mahasiswa UTU Lolos KMI Award 2022

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH BARAT – Mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) kembali mencetak prestasi di level Nasional, kali ini diraih melalui Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2022.

Satu dari enam kelompok usaha mahasiswa tersebut, UTU berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek dan berhasil lolos menjadi peserta KMI Award 2022.

BANNER

Sehingga, pada ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) EXPO yang akan dilaksanakan pada 22 – 25 November 2022 mendatang di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, akan diikuti Mahasiswa terbaik UTU.

“Alhamdulillah, tentu ini khabar yang sangat menggembirakan, setelah sehari sebelumnya mahasiswa kita melalui 3 tim PPK Ormawa UTU juga berhasil melewati seleksi ketat dan dinyatakan berhak untuk divisitasi. Kabar ini patut kita syukuri.” Kata Rektor UTU, Dr. Ishak Hasan, Kamis 3 November 2022.

Dirinya menjelaskan, bahwa tim terdiri dari enam mahasiswa ini, berasal dari Prodi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), dibawah dosen pembimbing Hayatun Nufus, S.Kel., M.Si.

Keberhasilan tersebut, diketahui berdasarkan surat Direktur Belmawa, Direktorat Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi,  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang tertanggal 1 November 2022 dengan nomor 7883/E2/KM.01.01/2022 tentang pemberitahuan kelompok usaha mahasiswa P2MW dan IWDM lolos KMI Awards 2022.

“Apresiasi sebesar-besarnya kepada P2MW UTU, baik mahasiswa, dosen pembimbing, Korpus PKM maupun bagian kemahasiswaan UTU yang turut memberikan support system sehingga kelompok usaha dari UTU berhasil lolos ke ajang KMI Awards,” tuturnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Mursyidin, MA menyambut positif atas capaian prestasi ini. “Alhamdulillah capaian ini menambah daftar mahasiswa UTU yang berprestasi dan mengharumkan nama UTU di tingkat nasional tahun 2022,” ujarnya.

Pencapaian tersebut, merupakan hasil kolaborasi yang baik antara pimpinan Universitas, Koordinator Pusat PKM, bagian kemahasiswaan, para dosen pendamping dan mahasiswa yang terus menggelorakan semangat kompetisi dan budaya prestasi di lingkungan kampus.

Didasari dengan program P2MW, peningkatan kemampuan mahasiswa wirausaha dalam melaksanakan invensi dan inovasi yang integrative serta berorientasi, meningkatkan kolaborasi antara perguruan tinggi dengan DUDI dalam pengembangan kewirausahaan berbasis pengalaman.

“Semoga, dengan lolosnya satu kelompok ini menambah motivasi dan semangat bagi mahasiswa dan mahasiswi UTU untuk berwirausaha dan dinyatakan lolos pada program P2MW atau program lainnya yang digagas oleh Kementerian,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Pusat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Teuku Umar, Yarmaliza, SKM., M.Si  menyebutkan bahwa pada tahun 2022 ini, UTU telah berhasil  memenangkan pendanaan P2MW sebanyak 6 proposal.

Kebershasilan itu, melalui proses monev internal serta memberikan support system terhadap keenam tim, sehingga dengan itu dapat memperoleh pendanaan tersebut.

“Alhamdulillah dari enam tim P2MW mendapatkan pendanaan tahun ini, satu tim dibawah bimbingan Ibu Hayatun Nufus berhasil lolos menjadi peserta KMI Award 2022,” kata Yarmaliza.

Kegiatan P2MW, kata dia merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW.

“Besar harapan kami tim P2MW dari Universitas Teuku Umar ini kedepan berhasil memperoleh hasil yang maksimal di ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) EXPO Tahun 2022,” demikian.

 

Rillis