Itwasda Polda Maluku Lakukan Audit Tahap II TA 022 di Polres Tanimbar

Read Time:2 Minute, 38 Second

IG.NET, SAUMLAKI –  Tiba di Saumlaki, Tim Audit Kinerja Tahap II Tahun Anggaran (TA) 2022, tema “Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian” Itwasda Polda Maluku lakukan audit pada satuan fungsi tugas di lingkup Polres Tanimbar dan Jajaran, Senin 24 Oktober 2022.

Kedatangan Tim dijemput langsung Kapolres AKBP Umar Wijaya, didampingi Plt. Kasiwas Ipda F. Barry Hulkyawar, di Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki.

Tiba di Polres Kabupaten bertajuk Bumi Duan-Lolat tim memulai kegiatan Audit diawali dengan taklimat awal di ruang Rapat. Turut hadir seluruh Pejabat Utama, Perwira Staf Polres dan Kapolsek Jajaran.

Kapolres Kabupaten Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, saat sambutan mengucapkan selamat datang kepada tim dan menyampaikan beberapa hal terkait situasi dan kondisi Geografis Polres.

Kapolres memaparkan dukungan kepolisian setempat. Dalam hal ini jajaran Polres Tanimbar yang ada di kabupaten ini telah terdukung dalam tugas pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

Kata dia, untuk wilayah pemerintahan terdiri dari 10 kecamatan, kemudian dua kelurahan dan 80 desa ini, didukung sembilan Polsek yang ada. Yaitu untuk daratan, ada sekira lima polsek, sisanya empat polsek berada di seberang pulau.

Kemudian, kata Kapolres, ada rencana pembentukan satu Polsubsektor personelnya sudah ada. “Namun hingga kini, tindak lanjut makonya belum terealisasi.”

Terkait hal itu, Pimpinan Polres Tanimbar itu turut menyampaikan kendala dari segi personel sesuai data susunan personel (DSP) yang ada di Polres Tanimbar kepada tim untuk dapat dapat diperhatikan.

Dari aspek personel kita sesuai DSP harusnya berjumlah 800 lebih personel. Namun saat ini kita hanya terdukung 465 personel. “Jadi baru 58 persen dari yang seharusnya terdukung,” sebut kapolres.

Ini menurut kami, merupakan kendala karena memang beberapa wilayah kita harus menyeberang Pulau dan bila ada konflik, mobilisasi personel itu cukup memakan waktu dan juga pejabat struktural kita ada yang akan memasuki usia pensiun.

Selain itu, banyak jabatan juga belum terisi. “Sehingga, ini mungkin bisa menjadi perhatian bagi tim audit nantinya dari segi pemenuhan SDM,” tuturnya.

Sementara itu, tim audit saat sambutan disampaikan Pengawas Tim Auditor Polisi Madya tingkat III Itwasda Polda Maluku, Kombes Pol Sigit N. Hidayat, menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan yang baik oleh Kapolres Tanimbar dan jajaran dan membacakan sambutan Irwasda Maluku.

Kata dia, audit kinerja merupakan suatu fungsi manajemen kepolisian harus dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan program dan anggaran dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Irwasda Polda Maluku melalui Pengawas Tim menyampaikan, sasaran dalam pemeriksaan Audit Kinerja Itwasda Maluku tahap II aspek pelaksanaan dan pengendalian dilakukan, yakni sasaran Audit kinerja Itwasda Polda Maluku tahap II TA 2022 aspek pelaksanaan dan pengendalian.

Adapun sasaran itu, meliputi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi satuan kerja khususnya dalam menjabarkan kebijakan di bidang Polri, pelaksanaan kebijakan yang dicapai dan realisasi penggunaan anggaran satuan kerja TA. 2022 serta Perwabkeu dan dokumen pengadaan barang jasa Pemerintah TA. 2022.

Kemudian, pemeliharaan kemampuan dan penggunaan kekuatan satuan kerja, evaluasi tindak lanjut audit kinerja Itwasda Polda Maluku tahap I TA. 2022 dan audit kinerja Itwasum Polri tahap II TA. 2022, pelaksanaan pertanggungjawaban keuangan dalam pengadaan barang jasa TA. 2022.

Lalu, temuan berulang dari audit internal Itwasum Polri, hasil pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan dan anggaran yang bersumber dari DIPA dan Non DIPA dan pelaksanaan penilaian evaluasi produk LKIP TA. 2022, tutup Kombes Pol Sigit N.

 

MAG/ADAM melaporkan

Editor : VID

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Cek Aset, Pj Bupati Abdya Kumpulkan Ratusan Kendaraan Dinas
Next post Dorong Akselarasi Ekonomi, Bank Aceh Salurkan KUR Syariah