EkonomiJendela Ala

Gali Potensi Nilam, Pemkab Aceh Jaya Gandeng ARC

×

Gali Potensi Nilam, Pemkab Aceh Jaya Gandeng ARC

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH JAYA – Dalam rangka melihat sumber daya ekonomi yang bisa dipacu guna mempercepat pemulihan perekonomian Kabupaten Aceh Jaya dan sekaligus mengatasi inflasi.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, meninjau lokasi Sentral Industri Kecil Menengah (SIKIM) Nilam kabupaten di Kecamatan Panga, Sabtu 15 Oktober 2022.

Turut didampingi sang Istri, Zuraidiati, juga sebagai Ketua TP PKK dan Bunda PAUD kabupaten, bersama kepala Dinas Parekrafpora Aceh Jaya, Juanda dan para kepala SKPK kabupaten lainnya.

Sela kunjungan, dia mengatakan Kabupaten Aceh Jaya sudah mempunyai sentral industri kecil untuk nilam. Dalam kesempatan ini, kita patut berterima kasih kepada Menteri Perindustrian Republik Indonesia sudah memberikan alokasi pembangunan SIKIM Nilam di Kabupaten Aceh Jaya. Termasuk juga kepada rekan-rekan Atsiri Research Center (ARC) USK yang telah mendampingi proses pengembangan SIKIM nilam ini.

“Alhamdulillah, hari ini SIKIM nilam telah menghasilkan produk produk bisa digunakan masyarakat, dimana bahan bakunya berasal dari nilam,” kata Nurdin.

Ketika berbicara di hilir, Pj menuturkan, masalah kita hadapi adalah kontinuitas produksi. Menyediakan bahan bakunya dalam jumlah yang cukup dan kontinue sepanjang tahun.

“Ini adalah tantangan kita ketika membicarakan industri minyak nilam,” ungkapnya

Di hulu, kata Nurdin, harus menemukan terobosan model budidaya nilam bisa ditanam sepanjang tahun. Terkait hal ini, pihaknya akan berkerjasama dengan pihak Atsiri Research Center (ARC) USK bagaimana model budidaya nilam tanpa mengenal musim. “Nantinya akan uji coba dalam rentang waktu November dan Desember tahun ini.”

Di sisi lain, dia mengatakan perlu juga upaya untuk meningkatkan kualitas produk nilam, serta mendidik pelaku usahanya, harap Pj Nurdin.

Sementara itu, Kepala Atsiri Research Center Universitas Syiah Kuala, Dr Syaifullah Muhammad mengatakan, semangat Penjabat Bupati Dr. Nurdin, itu menambah spirit bagi kami dalam berupaya mengembangkan industri nilam di Aceh Jaya.

Kita, ujar dia akan berupaya dengan sekuat tenaga dengan potensi yang ada. “Kita akan membantu pengembangan industri nilam ini. Baik di hulu pun di hilir.”

Kata Syaifullah, kami berharap kerjasama antara perguruan tinggi dan pemerintah daerah. Termasuk juga dunia usaha, dapat mendongkrak ekonomi masyarakat Aceh Jaya, pintanya.

 

Redaksi melaporkan

Jelang Ramadhan, Pemko Sabang Gelar Pasar Murah
Ekonomi

INDONESIAGLOBAL, SABANG – Jelang Ramadhan 1445 Hijriyah,Pemerintah Kota (Pemkot) Sabang, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) menggelar…