Uji Coba Pemberlakukan Parkir, Begini Penjelasan Plt Kadis Perhubungan

Read Time:1 Minute, 29 Second

IG.NET, SAUMLAKI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Provinsi Maluku dalam pekan mendatang melakukan uji coba pemberlakuan parkir di sejumlah titik penagihan parkir, Kota Saumlaki mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Plt Kadis Perhubungan KKT Buce Kelwulan, mengatakan pihaknya segera melakukan uji coba pemberlakuan parkir dalam upaya meningkatkan PAD tahun 2022,” imbuhnya, Kamis 13 Oktober 2022.

Dia menjelaskan, uji coba pemberlakuan parkir tersebut dilakukan di sejumlah kawasan ramai dan sesuai tertuang dalam Peraturan daerah (Perda) pun Peraturan bupati (Perbub).

“Namun, sebelum mengeksekusi rencana tersebut. Dishub akan lakukan sosialisasi mengandeng Satlantas Polres, Dinas Pendapatan, Dinas Perindag dan Satpol PP setempat,” kata Buce.

Adapun lokasi tertuang dalam perda, jelas dia, di Jalan Yos Sudarso, jalan Mathilda Batlayeri, Bandara Mathilda Mathilda, dan Jalan Pau Renyaan.

Sedangkan untuk besaran tarif parkir, Buce menyebutkan sesuai Perbub. “Kendaraan roda dua Rp2ribu, roda empat dan tingkatanya Rp5ribu.” Terang Buce, juga menjabat Asisten II Setda KKT ini.

Disingung apakah pemberlakuan parkir nanti Dishub menggandeng pihak ke tiga. Menurut dia, jika uji coba telah selesai dan dalam upaya penataan parkiran, maka pihaknya akan melibatkan pihak ke tiga.

“Namun, untuk sementara petugas dishub akan difokuskan untuk mengatur hal ini,” tutur Buce Kelwulan.

Dia mengaku, pihaknya sangat optimis dengan pemberlakukan ujicoba penarikan retribusi parkir pada lokus-lokus telah ditentukan dan itu bisa meningkatkan PAD KKT.

Apalagi, kata dia, dengan rencana membuat parkiran elektronik atau (E-parking), tujuannya menekan terjadinya kebocoran melalui sektor jasa.

Kata Buce, tahun ini, TAPD-tim anggaran pemerintah daerah targetkan PAD dishub tembus angka Rp900 juta. Sementara, baru disetor Rp56 juta.

“Itupun hanya dari parkiran. Lainnya belum, karena ada berbagai kendala.” Meski demikian, dia mengaku uji coba pekan depan ini masih akan membutuhkan penyesuaian.

“Terutama bagi masyarakat menggunakan kendaraan roda dua pun roda empat,” tutup Buce.

 

MAG/Adam melaporkan

Editor : DEP

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Tumpahan Migor Curah, Satlantas Polres Aceh Barat Bersihkan Jalan
Next post Hutang UP3 Rp34 Miliar, Benarkah Wakil Rakyat Diduga Terima Fee ? Kata Kekom B DPRD KKT Begini