Jendela Ala

Pemkab Aceh Jaya Terima INAGARA Award 2022

×

Pemkab Aceh Jaya Terima INAGARA Award 2022

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH JAYA – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menerima penghargaan Inovasi Administrasi
Negara Award (INAGARA AWARD) tahun 2022 dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang komitmen tinggi dalam membina dan mengembangkan Inovasi Administrasi Negara berkelanjutan.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda kabupaten, Masri Annur Salmi, mengatakan ini adalah bentuk apresiasi dan penghargaan LAN RI kepada Pemerintah Daerah yang berkomitmen tinggi dalam membina dan mengembangkan Inovasi Administrasi Negara, imbuhnya, Selasa 4 Oktober 2022.

Dia menjelaskan, prestasi diraih Aceh Jaya ini merupakan hasil kerja keras dari semua lini pemerintahan. Baik dari tingkat kabupaten, hingga desa secara bahu membahu mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai inovasi di masing-masing OPD, tutur Masri.

“Penghargaan tersebut akan menjadi motivasi bagi Pemkab Aceh Jaya, untuk terus meningkatkan inovasi mengarah kepada kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pengoptimalisasian inovasi berbasis produk dengan memberikan sentuhan baru pada setiap produk. Agar sesuai dengan trend perkembangan zaman, pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam peningkatan daya saing daerah.”

Terkait kegiatan itu, sebut Masri, dilaksanakan tanggal 9 Agustus 2022 lalu. Dikarenakan waktu itu Covid-19 lagi meningkat, maka yang hadir pun dibatasi. “Hanya tiga perwakilan saja ikut menerima secara langsung.”

Sedangkan tujuh kabupaten/kota lainnya, dikirim melalui Tiki. Sedangkan penghargaan untuk Aceh Jaya baru diterima pada Minggu pekan lalu, ungkapnya.

Melalui pendampingan dengan LAN RI, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, kata dia telah melahirkan sebanyak 161 ide-ide inovasi berasal dari 33 Organisasi Perangkat Daerah (OPD),
Kecamatan, pukesmas dan desa di Kabupaten Aceh Jaya.

“Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh SKPK dan puskesmas yang telah berkontribusi dalam pengiriman evidence/bukti dukung dari tahapan Drum up, Diagnose, Desain, Monitoring sampai ke tahapan Launching inovasi. Sehingga Aceh Jaya berhasil terpilih sebagai nominator penerima Inagara Award Tahun 2022.”

Kedepan, Pemkab Aceh Jaya terus membangun dan memperkuat Sistem Inovasi Daerah sebagai landasan kinerja pembangunan berbasis inovasi dan sebagai kerangka membangun kolaborasi yang sinergi antar pihak pemerintah daerah, swasta, perguruan tinggi, dan segenap pemangku kepentingan terkait.

Dia juga berharap, sejumlah inovasi yang telah lahir di masing-masing OPD tersebut agar dapat terus berjalan dan berkelanjutan guna mempercepat pembangunan, penurunan angka kemiskinan dan permasalahan sosial lainnya.

Adapun sepuluh pemerintah daerah penerima INAGARA Award 2022, antara lain Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Pemerintah Kabupatern Lombok Utara, Pemerintah Kabupaten Pemalang, Pemerintah Kabupaten Sorong, Pemerintah Kabupaten Subang, Pemerintah Kabupaten Tegal, Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, dan Permerintah Kota Tegal, demikian.

BANNER

 

MAG/Aswar Dani melaporkan

Editor : VID