Jendela Ala

Ketua Karang Taruna Sembilan Kecamatan di Aceh Jaya Dilantik

×

Ketua Karang Taruna Sembilan Kecamatan di Aceh Jaya Dilantik

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH JAYA – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin melalui Plt Asisten III Setdakab Khaizir, melantik pengurus Karang Taruna Kecamatan Se-Kabupaten Aceh Jaya periode 2022-2027, di Aula Lantai III Setdakab, Kamis 29 September 2022.

Pengukuhan itu berdasarkan surat keputusan pengurus karang taruna kabupaten Aceh Jaya Nomor: 013. AJ/Kep/VIII/2022 tentang susunan kepengurusan Karang Taruna Se-Kecamatan Aceh Jaya masa Bhakti 2022-2027.

BANNER

Plt Asisten III Setdakab Aceh Jaya, Khaizir menyampaikan jika saat ini daerah dan bangsa sedang membutuhkan peran kita semua. Termasuk anak-anak muda untuk bersatu dan bangkit mengatasi berbagai permasalah sosial yang terjadi tengah masyarakat, seperti perang melawan narkoba, hate speech, hoaks, dan penyakit sosial lainnya.

Foto bersama pengurus karang taruna Kabupaten Aceh Jaya usai acara. (Aswar D)

 

“Teruslah berkonstribusi dan berikan sumbangan terbaik saudara-saudari untuk daerah ini. karena sekecil apapun kontribusi yang diberikan akan tetap bermakna besar bagi daerah dan masyarakat,” imbuh Khaizir.

Dia juga mengingatkan, kepada seluruh pengurus karang taruna agar jangan pernah terlibat dalam perbuatan kriminalitas, intimidasi serta perbuatan amoral lainnya.

“Mari bersama-sama membangun Kabupaten Aceh Jaya melalui kerja dan karya nyata kita dalam membangun tatanan sosial pemuda maupun masyarakat yang berilmu serta berkarakter, sehingga dapat membawa kemajuan bagi daerah serta kesejahteraan bagi masyarakat kabupaten Aceh Jaya,” pesannya.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Jaya, Abdul Hadi mengatakan jumlah pengurus karang taruna yang dilantik dari sembilan kecamatan. Sebanyak 27 orang, terdiri dari ketua, seketaris dan bendahara.

“Ke depan, kita juga akan melantik pengurus Karang Taruna sampai ke tingkat desa,” imbuh Abdul Hadi.

Kata dia, selama ini Karang Taruna Kabupaten Aceh Jaya telah menjalankan berbagai program. Salah satunya adalah menyalurkan kurang lebih sebanyak 5000 Mushaf Alquran ke lebih dari 100 TPA tersebar dalam Kabupaten Aceh Jaya.

“Itu merupakan hasil buah kerjasama pihak karang taruna dengan pihak ketiga. Selain itu, Karang taruna juga telah berhasil membentuk 10 program unggulan dalam raker pengurus karang taruna beberapa waktu lalu.”

Untuk mendukung program organisasi kepemudaan di kabupaten Aceh Jaya, kata Abdul Hadi, organisasi Karang Taruna Kabupaten Aceh Jaya sangat membutuhkan mobil operasional dan anggaran untuk mempermudah aktivitas dan kelancaran organisasi.

“Kita berharap bantuan hibah dari pemerintah untuk organisasi karang taruna tahun 2023 mendatang untuk kelancaran organisasi dan berbagai program yang telah dibentuk,” pinta Hadi.

Dikesempatan sama, Kepala Dinas Sosial Aceh Jaya, Syafrizal menyambut baik atas pelantikan pengurus karang taruna Kecamatan se Kabupaten Aceh Jaya

Dia berharap pengurus karang taruna bisa menjadi garda terdepan dari Dinas Sosial yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Ke depan, pihaknya akan dorong pengurus karang taruna di semua jenjang baik tingkat kabupaten, kecamatan, maupun tingkat gampong untuk menjadi lembaga yang lebih mandiri dan lebih peduli terhadap kondisi kedaerahannya.

Sebab, peran karang taruna sangat besar dalam upaya pengetasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan memberdayakan pengurus karang taruna sendiri.

“Banyak kegiatan-kegiatan inisiatif karang taruna yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, berbagai persoalan dan kebutuhan-kebutuhan yang selama ini dirasakan oleh masyarakat,” ungkapnya

Syafrizal juga mengatakan, pihaknya juga mendorong karang taruna untuk mendapatkan bantuan anggaran dari pemerintah agar mempermudah berbagai aktivitas dan kelancaran organisasi.

“Dinas Sosial sendiri akan mensupport karang taruna untuk pemberdayaan sosial dan pemberdayaan ekonomi agar ke depan tidak lagi bergantung pada anggaran pemerintah. Namun bisa berdaya sendiri melalui pendanaan internal,” kata Syafrizal.


MAG/ Aswar Dani Melaporkan

Editor : VID