Jendela Ala

Jelang Pilchiksung, Kapolres Pandji Kerahkan Ribuan Personel Amankan TPS

×

Jelang Pilchiksung, Kapolres Pandji Kerahkan Ribuan Personel Amankan TPS

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH BARAT – Kepolisian Resor Aceh Barat gelar Apel kesiagaan matang pengamanan dalam menghadapi Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) serentak, di Mapolres Kabupaten Aceh Barat, Jum’at 9 September 2022.

 

ADVERTISEMENTS
BANNER

Apel diselenggarakan itu, merupakan bentuk kesiapan Polres Aceh Barat dalam mengamankan Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) secara serentak akan dilaksanakan esok. Minggu 11 September 2022 di seluruh desa di kabupaten setempat, imbuh Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso, melalui Waka Polres Aditia Kusuma.

 

Sebelum melaksanakan apel gelar pasukan, pihaknya telah menyelenggarakan berbagai tahapan merangkup dalam calling sistem. Mulai dari kegiatan ikrar damai dilakukan oleh muspika, kapolsek, danramil, serta camat.

 

Adapun total personel dilibatkan dalam pengamanan pemilihan keuchik langsung tersebut sebanyak 1.224 personel. Terdiri dari 274 personel Polisi, dan 950 personel dari instansi terkait lainnya seperti TNI, Satpol PP dan Linmas,” kata Aditia.

Foto : Wakapolres Aditia Kusuma. (Ist)

 

Dia menjelaskan, melalui rapat koordinasi (Rakor) diselenggarakan tersebut, pihaknya juga menyamakan persepsi untuk menyingkronkan situasi terkini.

 

Hasil rakor tersebut merujuk kepada metode penyusunan sistematis akan rawan aspek gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) secara menyeluruh, terangnya.

 

“Tetapi, secara umum untuk wilayah Kabupaten Aceh Barat tidak terdapat TPS yang rawan dari aspek gangguan Kamtibmas. Klasifikasi rawan di sini karena faktor geografis yang kemungkin TPS berada pada jarak terpencil.”

 

Namun demikian, bagaimanapun pengamanannya kita tidak boleh underestimate atau mengabaikan situasi rawan terjadinya pelanggaran Kamtibmas. “Sebab itu, pihaknya mengerahkan personel pengamanan secara optimal.

 

Aditia, juga mengatakan Pilchiksung suatu pesta demokrasi. Karena itu, gunakan pengamanan bagi masyarakat dalam pemilihan keuchik langsung ini sebagai jalur peradaban kemajuan Desa.

 

“Kami dari kepolisian siap mengamankan Pilchiksung agar tetap aman dan kondusif di seluruh TPS guna masyarakat dapat menentukan pilihan terbaik mereka,” tegasnya.

 

Kata dia, pihaknya akan terus memberikan pengamanan dalam setiap kegiatan politik serta kegiatan demokrasi. Menurutnya, kehadiran Polisi untuk pengamanan dalam menjaminkan kegiatan lancar.

 

“Sehingga kehidupan demokrasi dinegara kita berlangsung baik,” demikian Wakapolres Aditia.

 

MAG /Reza A. Latif Melaporkan

Editor : DEP