Jendela Ala

BPBK Aceh Jaya: Waspada Cuaca Ekstrem

×

BPBK Aceh Jaya: Waspada Cuaca Ekstrem

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH JAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem kemungkinan terjadinya angin kencang dan gelombang tinggi selama sepekan terakhir, terhitung mulai 30 Agustus 2022 hingga 01 September 2022.

 

ADVERTISEMENTS
BANNER

Hal itu dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya, Fajri, kepada IndonesiaGlobal menyebutkan wilayah Aceh Jaya berada di wilayah Samudra Hindia dengan gelombang tinggi mencapai 2,50 hingga 4 meter di Kabupaten Aceh Jaya, Selasa 30 Agustus 2022.

 

“Mengantisipasi terjadinya gelombang tinggi dan badai saat cuaca ekstrem, dia berharap kepada warga dan nelayan untuk selalu menjaga agar tidak melaut supaya tidak terjadi hal-hal tidak kita inginkan.”

Foto : Peringatan dini potensi cuaca ekstrem. (Ist)

 

Kata Fajri, kepada warga dan nelayan di Aceh Jaya untuk berhati-hati saat melaut. Apa lagi laut kita berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, maka itu kita harus waspada untuk sama-sama menjaga dalam keadaan cuaca ektrim seperti ini.

 

Senada, Panglima Laot Lhok Calang, M. Yunan, dengan kondisi cuaca ekstrem seperti ini para nelayan yang hendak melaut terkendala tidak bisa keluar disebabkan cuaca tidak bersahabat.

 

Karena itu, kepada para nelayan, dalam sepekan ini agar tidak melaut dulu. Walaupun semua nelayan itu sudah tahu bahwa ini masuk akhir bulan dan masuk dalam cuaca ekstrim, ucap Yunan.

 

Dia berharap kepada nelayan yang hendak keluar laut lepas, harap ditunda dulu melautnya. “Para nelayan pasti sudah tahu dan paham dengan kondisi alam kekinian. “Mereka sudah di laut ber bulan-bulan,” tutupnya.

MAG/ Aswar Dani Melaporkan

Editor : DEP