Jendela Ala

Sebagian Umat Mulim Aceh Singkil Melaksanakan Shalat Idul Adha berbagai Masjid Hari ini

×

Sebagian Umat Mulim Aceh Singkil Melaksanakan Shalat Idul Adha berbagai Masjid Hari ini

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH SINGKIL – Sebagian masyarakat Aceh Singkil melaksanakan Shalat Idul Adha 1443 di berbagai masjid. Termasuk warga Desa Pasar Singkil sendiri menyelenggarakan shalat Idul Adha di pekarangan Mesjid Taqwanya, Sabtu 9 Juli 2022.

 

ADVERTISEMENTS
BANNER

Kaum muslimin dan muslimat sangat antusias mengikuti takbir dan tahmid sebagai pernyataan pengakuan atas keangungan dan kebesaran Allah SWT, baik masyarakat umum maupun warga Muhammadiyah sejak sendiri. Sejak pagi sekali mereka terlihat mendatangi lokasi shalat Idul Adha.

 

Pelaksanaan shalat Idul Adha berlangsung dengan penuh hidmah dan ke khusukan diimami ustatz Azwir Aziz dan ustad ustad Azijar sebagai khatibnya.

 

Dalam khutbahnya khatib, mengajak semua menundukkan kepala, jiwa dan raga kehadapan Allah Subhana watakala, jauhkan segala keangkuhan dan kecongkakaan yang dapat mejauhkan kita dari Allah Subhanahu wata’ala.

LIHAT JUGA:   80 Anggota PPK Agara Dilantik, Ilham: Diminta Jaga Integritas

 

Apapun kebesaran yang kita sandang pada hakikatnya kita ini sangat kecil di hadapan sang khaliqnya, betapapun perkasanya kita sesungguhnya kita lemah di hadapan Allah yang maha kuat, betapapun hebat pengaruh kita tidak ada daya dalam gengaman Allah yang maha kuasa di atas segalanya, ujarnya.

 

Khatib menyebutnya, berbagai belahan dunia sebahagian umat Islam, termasuk hari ini kita telah merayakan hari besar, hari yang sangat bersejarah dalam kehidupan umat Islam dalam menapaki kehidupan Rasullullah salallahu’alaiwassalam dan Nabiulah Ibrahim dan Ismail Alahiwasalam.

 

Kita memaklumi sebahagian saudara kita seaqidah masih belum merayakan Idhul Adha karna terjadinya perbedaan khilafiah dalam mazhab ketika penetapan satu zulhijah, ini dapat kita maklumi karna ini berada dalam khazanah belahan ijtihadiyah, yang sesungguhnya kebenaran itu adalah miliknya Allah.

LIHAT JUGA:   80 Anggota PPK Agara Dilantik, Ilham: Diminta Jaga Integritas

 

Kita tidak dibenarkan menyebutkan bahwa saudara kita yang belum merayakan Idhul Adha ini kita katakan mereka bukan Islam atau dikatakan tidak benar. Karna ini adalah berada pada perbedaan ijtihad dengan perbedaan Madzhab, urainya.

 

Khatib juga menyebutkan, Hari Raya Idul Adha juga disebut hari raya idul qurban memberikan pelajaran dan hikmah yang cukup besar.

 

Ibadah qurban adalah ibadah yang mengandung dua nilai penting sekaligus yaitu nilai ilahiyah berupa kekuatan iman dan cinta yang tulus kepada Allah SWT,” jelasnya.

 

Serta nilai insaniyah berupa kepedulian terhadap sesama manusia, kekuatan iman dibarengi dengan ikhtiar yang maksimal, tutup Azijar.

 

Sementara penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan Ahad, besok, 10 Juli 2022, pungkas Adi Usman ketua panitia kurban mengatakan.***

 

Redaksi/ADN