Jendela Ala

Efek PMK, Daya Beli Daging di Abdya Menurun

×

Efek PMK, Daya Beli Daging di Abdya Menurun

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ABDYA – Sejumlah pedagang daging Meugang di Aceh Barat Daya mengeluhkan penurunan omset hingga 50 – 60 persen pada musim Idul Adha tahun ini karena pembeli berkurang.

“Kalau dulu sudah sekira 50-60 persen, tapi sejak berkembangnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tingkat daya beli masyarakat menurun,” imbuh David, pedagang sapi di Abdya, Jum’at 8 Juli 2022.


Kata dia, awalnya ia bersama pedagang lainnya menjual harga daging meugang Rp200 ribu per kilogram. Namun karena daya beli masyarakat menurun, sehingga mereka terpaksa menurunkan harga hingga Rp170 per kilogram.

 

“Meugang Idul Adha ini memang sepi sekali pembelinya, tidak seperti megang biasanya, tingkat Rp180-170 per kilogram saja kita jual, susah lakunya,” keluh dia.

 

Menjelaskan, pabila hewan meugang yang sudah dipotong tidak habis terjual maka dipastikan dirinya akan rugi. “Kalau rugi sudah pasti.”

 

Sebab, modal satu ekor kerbau dengan isi 200 kilogram Rp45 juta, per ekor. Sekarang kita lihat masih banyak yang belum habis, paha kerbau saja masih ada sisa dua lagi, ujar David.***

 

MAG/ Mustafa Melaporkan

Editor : DEP