Jendela BarselaNanggroe AcehNasional

Jeritan Petani Di Puncak Sekilo Harga TBS Sawit Rp900

×

Jeritan Petani Di Puncak Sekilo Harga TBS Sawit Rp900

Sebarkan artikel ini

IG.NET, SUBULUSSALAM – Jeritan petani, khususnya di Kota Subulussalam, Aceh muncul saat di puncak harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit hanya Rp900 per kilo.

 

Jeritan itu kian menggema saat makin melemah, bahkan 50 persen dibandingkan harga acuan Disbun Aceh meski ekspor sawit telah diumumkan Presiden Jokowi.

 

Ketua Koperasi Sada Kata Kota Subulussalam, Wahda, turut merasakan jeritan itu melalui rilisnya kepada media ini, Sabtu 25 Juni 2022.

BACA JUGA:   Tingkatkan Kesadaran Dan Keselamatan Bagi Pengendara, Kapolres Andy S Turun Ke Jalan

 

Dikatakan, hampir di semua wilayah kecamatan kota ini harga TBS di tingkat petani turun dratis dari sebelumnya Rp1.370 menjadi kisaran Rp1.000 dan Rp900/kg.

 

“Kondisi ini sangat menyedihkan, harga TBS di tingkat petani anjlok, diperkirakan rata-rata 50 persen dari ketetapan Disbun Aceh,” pesan Wahda.

 

Menurut Wahda, harga ini jauh lebih parah dibanding, Januari 2022, saat penerapan aturan kewajiban Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO) oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

BACA JUGA:   Arus Balik Penyeberangan Pelabuhan Ulee Lheue Aman-Lancar

 

Sebagai petani, Wahda sangat berharap kepedulian dan kebijakan pemerintah mengatasi persoalan harga TBS bisa kembali normal.

 

Sebagai Ketua Koperasi Sada Kata, Wahda, tegas berkomitmen mendampingi petani kelapa sawit swadaya berkelanjutan.

 

Dia  bahkan menilai, jika petani tak punya tempat untuk mengadu terkait kebijakan pemerintah menyangkut harga TBS sawit, padahal biaya produksi kelapa sawit, seperti pupuk, herbisida dan biaya panen di lapangan sangat tinggi.

BACA JUGA:   Arus Balik Penyeberangan Pelabuhan Ulee Lheue Aman-Lancar

 

“Sebagai petani sawit kami minta pemerintah peka atas persoalan ini sehingga bisa mensejahterakan petani, seperti tahun 2021 di tingkat petani mencapai Rp2.800 hingga Rp3.000 per kilogram,” harap Wahda.***

 

Khairul Melaporkan

Editor: VID

Gempa Guncang Tuban
Nasional

INDONESIAGLOBAL – Wilayah Tuban, Jawa Timur, kembali diguncang gempa pada hari Jumat 12 April 2024. Kali ini, wilayah yang berada…