Jendela Ala

Teguhkan Tiga I Dalam Menghadapi Fenomena Hidup

×

Teguhkan Tiga I Dalam Menghadapi Fenomena Hidup

Sebarkan artikel ini

IG.NET, SUBULUSSALAM – Menghadapi berbagai fenomena kehidupan di dunia khususnya saat ini, manusia diingatkan meneguhkan tiga I. Jika diabaikan bisa jadi akan membawa petaka dan menjadi penyesalan di akhir kehidupan kelak.

 

Tiga I tersebut menurut Drs. Bambang Chairuddin, M.Pd melalui khutbah Juma’tnya di Masjid Al Iman, Jontor, Kecamatan Penanggala Subulussalam, 24 Juni 2022 yakni Istiqamah, Istikharah dan Istighfar.

 

Istiqamah, jelas Pimpinan Pondok Pesantren DMT Subulussalam, Jontor ini adalah teguh pada pendirian. Istiqamah mutlak diperlukan dalam kondisi apapun dan iman tak boleh gadai walau dengan beribu alasan.

 

Lalu istikharah, senantiasa bermohon dan berdoa kepada Allah pada semua persoalan, tidak berharap kepada selain Allah. Memohon kepada Allah agar dipilihkan yang terbaik. Jangan sampai berprasangka tak baik kepada Allah atas rezeki yang diberikan karena ketetapan Allah adalah yang terbaik.

 

Sementara istighfar sebagai ungkapan permohonan ampun kepada Allah harus rutin dimohonkan. Tidak ada tempat meminta dan memohon ampun selain kepada Allah.

 

“Istiqamah, istikharah dan istighfar jangan sampai dibaikan dari aktivitas hidup sehari-hari agar kelak tidak jadi penyesalan,” pesan Bambang.***

 

Khairul Melaporkan

Editor : VID