Jendela AlaNanggroe AcehOlahraga

Gubernur Nova, Pemimpin Daerah Serius Dalam Olahraga: Rp50 Miliar Jangan Terkesan Sia-sia

×

Gubernur Nova, Pemimpin Daerah Serius Dalam Olahraga: Rp50 Miliar Jangan Terkesan Sia-sia

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH BARAT – Menjadi atlet bukanlah hal yang mudah. Dalam meraih prestasi perlu adanya pembinaan di ranah keluarga, sekolah, club serta pembinaan organisasi olahraga secara berintegritas dan terprogram di setiap daerah masing-masing. Dan adanya andil media dalam mengevaluasi sejauh mana keberhasilan pembinaan olahraga tersebut.

 

“Atlet berprestasi tidak jatuh dari langit, bakat tersebut harus diasah sejak usia dini melalui pembinaan keras. Mari kita temukan mereka, dukung dan kita fasilitasi. Karena mereka yang akan membanggakan Aceh dan Indonesia akan datang.”

 

Hal itu dikatakan Gubernur Aceh Nova Iriansyah, saat berlangsungnya pembukaan  Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Aceh XVI, di Gedung Olahraga Seni (GOS), Desa Ujong Drien Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Senin 20 Juni 2022 petang.

Foto : Nova temui satu persatu kontingen kabuoaten/kota. (Reza)

 

Dalam kegiatan tersebut, ada 12 Cabang Olahraga (Cabor) dipertandingkan, yaitu atletik, sepak bola, bola voli, basket, takraw, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, karate, pencak silat, taekwondo dan panahan, berlangsung sejak 21 Juni, hingga 25 Juni 2022.

BACA JUGA:   Arus Balik Penyeberangan Pelabuhan Ulee Lheue Aman-Lancar

 

Diikuti 2.452 Atlet akan berlaga di 21 titik lokasi masing-masing. Memperebutkan 791 medali. 234 medali emas, 234 medali perak serta 232 medali perunggu.

 

Informasi dihimpun, event yang melibatkan seluruh kontingen dari kabupaten/kota Provinsi Aceh. Satu cabor  dipercepat tandingnya, yakni sepak bola, pada tanggal 17 Juni hingga 25 Juni mendatang.

Foto: Gubernur Nova saat Pembukaan POPDA. (Reza)

 

Pengamatan IndonesiaGlobal saat pembukaan itu, turut menampilkan beberapa hiburan menarik, seperti rapai geleng, debus dan pencak silat. Atraksi itu disambut gembira tamu undangan dan warga setempat yang mengaku terhibur dengan unjuk kebolehan dilakukan tersebut.

 

Usai atraksi hiburan, Gubernur Nova Iriansyah, resmi membuka event olahraga pelajar itu. Meyakini di antara ribuan atlet hadir di sini, mereka mampu untuk menjadi atlet handal.

 

Dia mengaku bangga terhadap seluruh pimpinan kontingen dan pelatih yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan tunas muda agar mampu maksimal di event POPDA ini, meyebutkan hal ini bukan perkara mudah dilakukan.

 

Dalam kompetisi ini, anak-anak ku sekalian tentunya mempunyai prestasi terbaik. Sehingga perlahan-lahan akan menjadi atlet yang hebat. Tingkatkan terus prestasi kalian, pesan Gubernur Nova.

BACA JUGA:   Tingkatkan Kesadaran Dan Keselamatan Bagi Pengendara, Kapolres Andy S Turun Ke Jalan

 

Berkeyakinan, pasti akan ada talenta-talenta baru setelah ini nantinya kalian akan menjadi atlet hebat dan mampu mengharumkan nama Aceh bidang olahraga. Baik kancah nasional maupun internasional.

 

Seraya menanyakan kepada mereka dengan suara lantang. Siap menjadi atlet terbaik dan berpestasi ? Tanya Nova. Merekapun menjawab siap, siap, dengan semangat.

 

Selain itu, Gubernur Aceh itu juga mengatakan, mengantisipasi agar tetap melahirkan allet-atlet terbaik, perlu adanya upaya penulusuran di pulau-pulau, plosok kampung, sekolah hingga pesantren, agar tidak terbenam karena disia-siakan.

 

Hal ini mengacu kepada pemerintah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mengurus dengan kesungguhan dan keseriusan sehingga menemukan bibit unggul yang menjadi tumpuan harapan Aceh, ujar Nova.

 

Dengan telah dibukanya pembukaan POPDA XVI Aceh Barat, kata dia, atlet yang berhasil meraih prestasi akan diproyeksikan untuk bertanding di liga Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024, hingga Olimpiade dan Asian Games. Tentunya didahului tingkat Pekan Olahraga Aceh (PORA) .

BACA JUGA:   Tingkatkan Kesadaran Dan Keselamatan Bagi Pengendara, Kapolres Andy S Turun Ke Jalan

Gubernur Nova Iriansyah, Resmi Membuka POPDA Aceh

 

Menurut Nova, Alhamdulillah acaranya semarak digelar, Insyaallah Aceh Barat sangat baik dalam menyelenggarakan event ini. “Terimakasih kepada instansi terkait, seluruh pembina, panitia dan KONI atas kerja kerasnya. dengan begitu saya percaya mereka mampu berprestasi.”

 

Anggaran Dialokasikan Pemprov kepada KONI Rp50 Miliar


Terkait anggaran telah dialokasikan oleh Pemerintah Provinsi Aceh kepada KONI sebesar Rp50 Miliar setiap tahunnya, belum lagi anggaran persiapan event olahraga yang dikelola oleh Dispora dan POPDA.

 

Kata dia, untuk event olahraga anggaran itu besar dan jangan sia-sia, sedangkan untuk anggaran POPDA, gubenur mengakui tidak mengetahui pasti.

 

“Banyak dan besar sekali anggarannya untuk event olahraga, tapi anggaran POPDA saya tidak mengetahui, dan enggan menyebutkan jumlah angka tersebut,” akhir Nova Iriansyah.

 

Turut hadir dalam peresmian itu, Gubernur Aceh Nova Iriansyah beserta jajaran, Bupati Aceh Barat Ramli MS, KONI Aceh, unsur Forkopimda Aceh, unsur Forkopimda kabupaten/kota, Ketua PWI Aceh Nasir Nurdin, para SKPK.***

 

MAG /Reza A. Latif Melaporkan

Editor : DEP