Jendela Ala

Dyah Erti: Gammawar PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera

×

Dyah Erti: Gammawar PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera

Sebarkan artikel ini

IG.NET, SUBULUSSALAM – Esensi atau hakikat Gammawar PKK bertujuan mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian keluarga yang tercakup dalam 10 program pokok PKK. Dilaksanakan berjenjang bersama mitra strategis, keluarga adalah pilar utama.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT mengatakan itu saat berkunjung ke Kampong Cepu, Kec. Penanggalan, Subulussalam dalam rangka penilaian lomba Gammawar, Jum’at 17 Juni 2022.

Dyah berharap kunjungan di sana akan memberi pencerahan dan perbaikan, sehingga program kerja berjalan baik. Terkait ketertiban administrasi dan penulisan laporan, dipastikan menjadi hal penting diperhatikan sehingga tidak terjadi kekeliruan saat Tim PKK Aceh melakukan pemeriksaan dan pendataan.

Soal penanganan stunting, dia minta perkuat Rumoh Gizi Gampong (RGG). RGG tidak sebatas kegiatan formalitas, tapi harus memberi dampak penurunan stunting dengan pencegahan dan penanganan awal tingkat dasar serta edukasi bagi ibu hamil.

Disambut dengan Budaya Pakpak yang merupakan etnis mayoritas 13 kampong se-Kecamatan Penanggalan di sana, saat memasuki lokasi acara Penilaian Lomba Gampong Mawaddah Warahmah (Gammawar), Dyah Erti, didampingi Ketua TP PKK Subulussalam Mariani Harahap, disematkan ‘oles’ (selempang) Pakpak oleh Ketua PKK Kecamatan, Rina bru Berutu dengan iringan alunan musik tradisional Pakpak. Lalu, berbagai jenis makanan khas Pakpak, seperti pllng (pelleng), nditak dan ginaru dihidang di sana.

 

Foto : Kepala Kampong Cepu, Unggul Cibro, S.Pd bersama istri pada moment kunjungan Ketua TP PKK Aceh (Ist)

 

Dyah juga mengapresiasi Mariani dan segenap masyarakat dinilai sangat bersemangat menyambut penilaian Gammawar di sana. “Ketua PKK Kota Subulussalam bersemangat dan aktif dalam kegiatan PKK, termasuk berbagai lomba tingkat Provinsi,” tegas Dyah diaplus undangan.

 

Dyah juga ungkapkan rasa salut kepada segenap PKK Kota, Kecamatan dan Kampong dalam binaan Mariani, khusus Kampong Cepu sebagai duta kota ini pada Lomba Gammawar Provinsi Aceh 2022.

Menerima kunjungan itu, dalam sambutannya Mariani Harahap, juga mengapresiasi Ketua PKK, Dyah Erti serta berharap dukungan dan doa masyarakat agar Kampong Cepu, duta Kota Subulussalam mendapatkan hasil terbaik.

Terpisah, Kepala Kampong Cepu, Unggul Cibro, S.Pd, mengatakan meski terasa lelah melakukan persiapan sekira tiga pekan untuk menyambut kedatangan Ketua PKK Aceh itu, pihaknya sangat mengapresiasi peran aktif jajarannya dan khusus warga Cepu serta secara umum masyarakat dan pemerintah.

“Masalah hasil, tentunya kita sangat berharap yang terbaik, penilaian ada di Tim PKK,” tandas Unggul yang telah lima tahun memimpin kampong itu.***

 

Khairul Melaporkan
Editor : DEP