Nasional

Beasiswa APERTI BUMN Dibuka Lagi, Ini Cerita Penerima

×

Beasiswa APERTI BUMN Dibuka Lagi, Ini Cerita Penerima

Sebarkan artikel ini

IG.NET, JAKARTA – Dikatakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, 8 dari 10 perusahaan kesulitan mendapat lulusan siap kerja.

 

ADVERTISEMENTS
BANNER

Dalam pernyataan disampaikan Jum’at 3 Juni 2022 lalu itu, Mendikbudristek, mengungkapkan kesiapan lulusan perguruan tinggi terjun ke dunia usaha dan dunia industri (DUDI), menjadi PR besar harus dituntaskan bersama.


Namun, bagi Leonita Maharani Putri, peluang menjadi lulusan siap kerja di tengah persaingan global kini terbuka lebar. Berkat Beasiswa APERTI BUMN, Leonita dapat berkuliah di Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina (UPER) dengan pembebasan biaya penuh hingga delapan semester. Diapun yakin, dapat segera mewujudkan cita-citanya menjadi ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Dokumentasi : Kegiatan Peluncuran Beasiswa APERTI BUMN Secara Daring, 2022.

 

Tahun ini, Beasiswa APERTI BUMN kembali dibuka bagi siswa/siswi berprestasi dari Sabang sampai Merauke untuk melanjutkan pendidikan tinggi di salah satu dari delapan perguruan tinggi milik BUMN. 


Adapun kedelapan perguruan tinggi tersebut, yakni Universitas Pertamina (UPER), Telkom  University (Tel-U), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), Institut Teknologi (IT) PLN, Institut Teknologi (IT) Telkom Jakarta, Institut Teknologi (IT) Telkom Surabaya, dan Institut Teknologi (IT) Telkom Purwokerto.

Ilustrasi Foto: Kegiatan Kuliah Pakar di Universitas Pertamina, 2022.



Proses pendaftaran beasiswa APERTI BUMN Tahun 2022 dimulai pada tanggal 11 Juni 2022 hingga 1 Juli 2022 mendatang. Informasi lengkap terkait syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id/aperti


Ketertarikan Leonita pada bidang K3, diakuinya sangat dipengaruhi oleh berbagai kegiatan di luar perkuliahan yang diikutinya. “Misalnya ketika kunjungan industri ke PT Krakatau Tirta Industri, atau ketika mendapat kuliah pakar dari Ibu Karyani, dosen praktisi dari PT Pertamina EP. Saya menyadari pentingnya implementasi K3 di industri hulu migas, sehingga tertarik untuk bekerja di sektor tersebut,” terang Leonita.


Selain kunjungan industri dan kuliah pakar, menurut Leonita, kegiatan praktikum laboratorium dan pembelajaran berbasis proyek, juga sangat membantunya memahami materi yang diperolehnya di kelas.

LIHAT JUGA:   IPW Layangkan Dumas Ke Kabareskrim, Ini Kasusnya

 

“Kampus juga senantiasa mendorong keterlibatan mahasiswa untuk bergabung dalam proyek penelitian gagasan dosen yang bekerja sama dengan mitra, termasuk Pertamina Grup. Sehingga, saya merasa yakin dan siap untuk bersaing di bursa kerja nantinya,” ungkapnya.


Dalam hal melahirkan lulusan siap kerja, Rektor Universitas Pertamina (UPER), Prof. Ir. IGN Wiratmaja Puja, Ph.D, mengatakan kedekatan perguruan tinggi anggota APERTI BUMN dengan BUMN yang menaunginya tentu memberikan berbagai keuntungan. 


“Di UPER misalnya, kurikulumnya sudah sesuai dengan kebutuhan dunia industri, khususnya industri energi yang menjadi keunggulan UPER. Mahasiswa juga memiliki akses mengunjungi fasilitas Pertamina Group. Kami juga rutin menyelenggarakan kuliah tamu dan kuliah pakar. Bahkan, saat ini UPER telah memiliki 31 dosen pakar dari kalangan praktisi,” ujarnya di acara peluncuran Beasiswa APERTI BUMN, Sabtu 11 Juni 2022.

LIHAT JUGA:   IPW Layangkan Dumas Ke Kabareskrim, Ini Kasusnya

 

Selain itu, dikatakan Prof. Wirat, para mahasiswa UPER juga mendapat kesempatan untuk magang di Pertamina Group pada tahun terakhir perkuliahan. UPER juga menyediakan program magang alumni bekerja sama dengan sejumlah anak perusahaan Pertamina, untuk meningkatkan kualitas para alumni.

 

“Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, UPER yakin dapat mencetak lulusan dengan kualifikasi yang dibutuhkan dunia usaha dan industri,” ucapnya.

Dokumentasi Foto: Leonita Maharani Putri (tiga dari kiri), Mahasiswi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina Penerima Beasiswa APERTI BUMN Tahun 2019.

 

Sejak pertama kali dibuka pada tahun 2019, lanjut Prof. Wirat, beasiswa APERTI BUMN selalu diserbu peminat. “Tahun lalu, pendaftar ke UPER mencapai hampir delapan ribu orang. Untuk Tahun Akademik 2022/2023 ini, nilai total beasiswa APERTI BUMN yang kami berikan senilai 666 Juta Rupiah.”


Selain Beasiswa APERTI BUMN, Prof Wirat, menyebutkan Universitas Pertamina (UPER) juga menyediakan 13 jenis beasiswa lain yang nilai totalnya mencapai Rp23 Miliar.

 

“Adapun beasiswa kami tujukan untuk siswa/siswi yang berasal dari sekolah unggulan atau sekolah yang memiliki kekhasan, yang berasal dari daerah 3T, yang beprestasi secara akademik dan non-akademik, yang aktif di kegiatan organisasi, bahkan yang aktif di media sosial, dan beasiswa tematik lainnya,” jelasnya.

 

Untuk informasi lengkap terkait program beasiswa UPER tersebut, dapat diakses di laman https://beasiswa.universitaspertamina.ac.id/. Saat ini, universitas besutan PT Pertamina (Persero) tersebut tengah membuka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor (Non Tes) dan Ujian Masuk Online periode Mei – Juni untuk Tahun Akademik 2022/2023.***

 

Redaksi/DEP Melaporkan