Jendela Ala

POPDA di Aceh Barat, Rapai Geleng Bayeun Setia Akan Berikan Penampilan Spektakuler

×

POPDA di Aceh Barat, Rapai Geleng Bayeun Setia Akan Berikan Penampilan Spektakuler

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH BARAT – Puluhan remaja tergabung dalam sanggar seni Rapai Saman, Rapai Geleng dan Rapai Debus Bayeun Setia, berlatih mempersiapkan diri guna unjuk kemampuan saat Event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) di Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Aceh Barat, 22 Juni 2022 mendatang.

 

BANNER

“Alhamdulillah persiapan kita untuk Pemda Aceh Barat dalam memeriahkan acara POPDA, berjalan pada tahap pematangan kemampuan tampil di depan para tamu undangan,” ungkap Pimpinan Grup Sanggar Rapai Geleng Bayeun Setia, Masri Hanif SP, Jum’at 10 Juni 2022.

Pengamatan IndonesiaGlobal, puluhan remaja itu tampak serius berlatih, mempersiapkan diri demi menampilkan yang terbaik dalam memeriahkan acara Popda pada sesi pembukaan dirangkaian penerimaan tamu undangan dari seluruh penjuru Aceh akan hadir di Bumi Teuku Umar, Aceh Barat.

Foto : para remaja itu tampak serius berlatih. (Reza/IGN)

 

Masri Hanif, mengatakan bahwa sanggar seni bawah bimbingannya itu, kini masih dalam tahap pematangan latihan. “Sebab, penampilan sanggar seni nanti harus benar-benar dapat menghibur para ribuan tamu undangan yang datang ke Aceh Barat ini.”

 

Kata dia, latihan ini perlu dilakukan secara matang demi memeriahkan acara Popda. Selain itu, dalam latihan sudah dijalankan ini, kita baru berjalan sekira satu bulan. Menurut dia, waktu yang singkat.

 

Namun demikian, itu tidak membuat anggota sanggarnya tidak mampu untuk memberikan yang terbaik dalam memuaskan penonton.

 

“Insya Allah, Sanggar Rapai Geleng Bayeun Setia akan memberikan penampilan spektakuler dihadapan paa tamu undangan nanti,” janji Masri, bersemangat.

 

Sementara, terkait kematangan untuk persiapan tampil, diapun mengaku tidak mempunyai plot anggaran yang cukup selama latihan. Termasuk tidak adanya dukungan peralatan, seperti rapai, dan baju dari pemerintah kabupaten.

 

Walau tanpa dukungan, itu tidak tidak membuat kami patah semangat. Sebab, dalam mengharumkan nama daerah, itu tugas dan kewajiban kami, putra daerah, pungkasnya.

 

Dengan dukungan dan doa rekan-rekan semua, semangat saya dan anggota rapai geleng tumbuh. Meski tidak mempunyai dana yang cukup selama latihan, itu tidak menjadi beban bagi kami. “Dan kami akan berusaha tampil sesempurna mungkin,” imbuhnya, yakin.

 

Dia berharap, semoga masayarakat Aceh umumnya, dapat menjaga Agama dan kelestarian seni budaya yang telah diwariskan turun temurun oleh Indatu telah mendahului para seniman Aceh hari ini.

 

Sanggar Rapai Geleng Bayeun Setia

 

“Semoga kelestarian agama dan seni budaya dapat terjaga, dan juga dapat mengenang jasa-jasa para pahlawan.” Karena itu, saat tampil nanti kami akan membawa syair menggambarkan perjuangan Pahlawan Nasional Teuku Umar.

 

Informasi dihimpun IGN, penyelengaraan Popda digelar 22 Juni 2022 mendatang. Guna mengantisipasi supaya tidak terlihat letih, maka pemkab berinisasi mengadakan rapai geleng, sehingga event digelar nanti dapat berjalan semeriah mungkin, sesuai dengan
eskpetasi bersama.***

MAG /Reza A. Latif Melaporkan

Editor : DEP