Jendela AlaNanggroe Aceh

Aceh Jaya Masuk Program Smart City Kementerian, AG Harapkan Dukungan Semua Pihak

×

Aceh Jaya Masuk Program Smart City Kementerian, AG Harapkan Dukungan Semua Pihak

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH JAYA – Kabupaten Aceh Jaya, salah satu dari 47 kabupaten/kota seluruh Indonesia yang masuk dalam program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2023 di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

 

BANNER

Diketahui, penetapan Kabupaten Aceh Jaya sebagai Smart City ini, berdasarkan surat Kementerian Kominfo RI Nomor: B – 349/DJAI/AI.01.02/06/2022, tanggal 3 Juni 2022 ditandatangani Direktur Jendral Aplikasi Informatika RI, Semuel Abrijani Pangerapan.

 

AG Suhadi, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Aceh Jaya, mengucapkan rasa syukur dan bangga Aceh Jaya ditetapkan dalam program Smart City Kominfo RI fahun 2023, imbuhnya, Kamis 9 Juni 2022.

BACA JUGA:   Pengungsi Rohingnya Diperkirakan Akan Mendarat Di Pesisir Pantai Aceh Selatan

 

Kata dia, dalam surat diterima ada 47 kota/kabupaten terpilih untuk menyusun Masterplan Smart City dan mempelajari draf nota kesepakatan bersama antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama pemerintah daerah kota/kabupaten, tentang implementasi gerakan menuju kota cerdas.

Foto : surat Kementerian Kominfo RI Nomor: B – 349/DJAI/AI.01.02/06/2022, tanggal 3 Juni 2022 ditandatangani Direktur Jendral Aplikasi Informatika RI, Semuel Abrijani Pangerapan. (Ist)

 

BACA JUGA:   Audiensi Kapolda Aceh Bersama Tim Wasops Ketupat 2024 Dari Mabes Polri

 

Menjelaskan, bahwa tujuan program gerakan menuju kota cerdas ini, dalam rangka meningkatkan kemudahan pelayanan publik yang transparan, efektif, efisien, dan akuntabel, ungkap AG Suhadi.

 

Karena itu, diapun berharap dukungan semua pihak perangkat daerah di Kabupaten Aceh Jaya untuk bisa saling mengemukakan gagasan dan pengetahuannya, guna mewujudkan Kabupaten Aceh Jaya sebagai Smart City tahun 2023 mendatang.

BACA JUGA:   Hari Kesadaran Nasional, Pj Bupati Ajay Tegaskan Pentingnya Disiplin

 

Pembangunan daerah yang berbasis Smart City atau kota pintar ini, jelas AG, membutuhkan dukungan dari semua elemen. “Terutama dari semua perangkat daerah Pemkab Aceh Jaya,” pinta dia.

 

Diketahui, Smart City adalah sebutan diberikan pada sebuah kabupaten/kota yang mampu menggabungkan teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) guna meningkatkan kualitas dan kinerja layanan perkotaan.

 

“Seperti energi, transportasi dan utilitas untuk mengurangi konsumsi sumber daya, pemborosan, dan biaya keseluruhan.” Sementara, tujuan menyeluruh dari Smart City, yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup bagi warganya melalui teknologi cerdas, urai AG singkat.***

 

MAG/ Aswar Dani

Editor : VID

Pj Gubenur Aceh, Copot Dirut PT PEMA
Banda Aceh

INDONESIAGLOBAL, BANDA ACEH – Beredar informasi Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami Hamzah, mencopot Direktur Utama BUMD PT Pembangunan Aceh (PEMA)….