BANNER
Jendela Ala

Ramli MS : Pancasila Jangan Dihafal Saja, Tetapi Implementasikan Dalam Kehidupan

×

Ramli MS : Pancasila Jangan Dihafal Saja, Tetapi Implementasikan Dalam Kehidupan

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH BARAT – Bupati Aceh Barat Ramli MS, bersama Forkopimda Aceh Barat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, dipimpin Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, secara virtual di lapangan Pancasila Kota Ende, Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diikuti Gubernur, Bupati/Walikota, dan Forkopimda seluruh Indonesia melalui Video Conference (Vidcon), Rabu 1 Juni 2022, di ruang bupati.

 

ADVERTISEMENTS
BANNER

Inspektur upacara, Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, mengatakan peringatan hari lahir Pancasila tahun ini kita laksanakan di kota bersejarah dalam proses lahirnya Pancasila, yaitu di Kota Ende NTT.

 

Dikota inilah, Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila dan kemudian disahkan oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia), ungkap Jokowi.

 

Dia mengajak seluruh anak bangsa agar membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat pintanya. Sebab, nilai-nilai Pancasila itu harus bisa diwujudkan melalui tata kelola pemerintahan yang transparan dan berkeadilan.

 

“Sehingga kehadiran Pancasila sebagai ideologi bangsa bisa dirasakan oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” sebut presiden. Sampai saat ini, kata dia, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir, ditambah lagi dengan ancaman krisis energi dan pangan serta ancaman kemiskinan ekstrem dan kelaparan yang juga dipengaruhi oleh perang di Ukraina.

LIHAT JUGA:   Tiga Rumah Warga di Aceh Tenggara Ludes Terbakar

 

Dengan demikian, sebagai pemegang mandat Presiden G20, kami mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong-royong menciptakan umat manusia yang lebih baik, serta membangun sistem kesehatan Global, mampu menghadapi krisis di masa depan dengan tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih damai, berperikemanusiaan, berkeadilan.

Foto : Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, secara virtual di Aceh Barat. (Ist)

 

Untuk itu, kepada seluruh komponen masyarakat terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para tokoh-tokoh ormas dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan serta menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila bagi seluruh masyarakat Indonesia.

LIHAT JUGA:   Tiga Rumah Warga di Aceh Tenggara Ludes Terbakar

 

“Mari bergerak aktif untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju demi terwujudnya cita-cita proklamasi kemerdekaan,” kata Presiden Jokowi.

 

Usai upacara, Ramli, mengatakan Pancasila merupakan simbol persatuan dan kesatuan bagi seluruh anak Bangsa. Karena itu, nilai-nilai terkandung dalam setiap butir Pancasila, harus diamalkan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, pesan bupati.

 

Meyakini, jika nilai Pancasila diaplikasikan dengan benar, maka persatuan bangsa akan semakin erat. “Walaupun banyaknya isu-isu perpecahan dan adu domba terjadi tengah masyarakat.”

 

Kata Bupati Ramli,  Pancasila jangan hanya dihafalkan saja, namun juga harus diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

“Dengan adanya peringatan hari lahir Pancasila tahun ini, dapat menjadi momentum dalam mempersatukan seluruh elemen bangsa dengan cara membumikan Pancasila, khsususnya di Bumi Teuku Umar ini,” tutup Bupati Ramli.

 

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Marhaban, para asisten, staf ahli Bupati Aceh Barat, Kepala SKPK dalam lingkup pemkab setempat.***

 

MAG /Reza A. Latif  Melaporkan

Editor : DEP