Jendela Ala

Pohon Tumbang, Sebagian Aceh Jaya Listrik Padam

×

Pohon Tumbang, Sebagian Aceh Jaya Listrik Padam

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH JAYA – Pohon Cemara terletak pada sisi jalan negara Banda Aceh-Meulaboh, menimpa jaringan listrik. Sebagian wilayah Aceh Jaya padam total sejak menjelang senja hingga tengah malam.

 

Seluruh kegiatan warga yang ketergantungan dengan penerangan listrik praktis lumpuh. Termasuk pengajian dan warung serta ruko. Cahaya listerik hanya muncul pada beberapa tempat menggunakan generator pribadi, termasuk sarana Bank Aceh Syariah.

Foto : Salah satu ruang kamar milik warga Dusun Manggis, Krueng Sabee disinari secercah cahaya dari bola lampu penyimpan arus. (Adn/IGN)

 

Hubungan darat Banda Aceh-meulaboh sempat terhenti beberapa jam sebelum disingkir pohon jalan yang melintang jalan persis di Seuneubok Padang, Panga. Puluhan kenderaan roda empat dan enam serta jenis trailer berjejer pada kedua sisi jalan dari dua arah itu.

 

Amatan IndonesiaGlobal, hanya enam kecamatan dari sembilan kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya praktis gelap gulita. Hanya se bagian rumah yang mengandalkan bola lampu penyimpan arus listerik yang bercahaya. Lainnya gelap total.

 

Lampu masih menyala pada batas Kecamatan Panga, Teunom dan Pasi Raya arah ke Meulaboh yang tetap terang menderang. Enam lainnya, Kecamatan Krueng Sabee hingga ke Kecamatan Jaya, arah ke Banda Aceh, hingga tengah malam belum terlihat tanda-tanda terang.

 

Video amatir warga :

 

Fadli Agustian, Manajer Unit Layanan Pelanggan PLN Calang, dihubungi mengatakan sehubungan dengan cuaca ekstrem di wilayah Aceh Jaya, maka pihak PLN ULP Calang melakukan pemadaman listrik emergency guna keamanan dan keselamatan pekerja.
 
 
Kata dia, pemadaman ini dilakukan akibat tumbangnya pohon cemara ke jaringan PLN Desa Seunebok Padang, Kecamatan Panga. “Jadi pemadaman kita lakukan sejak pukul 19. 09 WIB,” dan mengatakan wilayah padam terjadi, yaitu Kecamatan Krueng Sabee, Kecamatan Setia Bakti, Kecamatan Darul hikmah, Kecamatan Sampoiniet, Kecamatan Indra Jaya dan Kecamatan Jaya.
 
 
“Demikian kami sampaikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ucap Fadli.
 
 
Adnan NS, Melaporkan
Editor : VID