Jendela AlaKesehatan

YARA Sesali Mogok Massal dokter di Calang

×

YARA Sesali Mogok Massal dokter di Calang

Sebarkan artikel ini

 

IG.NET, ACEH JAYA – Terkait mogok kerja sejumlah dokter Spesialis di Pelayanan Poliklinik RSUD Teuku Umar dan seluruh Puskesmas dalam Kabupaten Aceh Jaya, hal itu disesalkan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA).

 

Pasalnya, akibat aksi mogok itu masyarakat Aceh Jaya menjadi korban dan terabaikan saat membutuhkan jasa seorang dokter. Kata Sahputra,  Kepala YARA perwakilan Aceh Jaya kepada IndonesiaGlobal.Net, Jum’at 15 April 2022.

 

Seharusnya, dalam aksi mogok itu jangan biarkan masyarakat menjadi korban atas ketidakpuasan para dokter terhadap kebijakan dari pemerintah kabupaten.

 

Sebagaimana Undang-undang Dasar Negara RI Tahun 1945 pada Pasal 28 H ayat (1) menegaskan bahwa setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Tetapi yang terjadi dalam aksi mogok dokter tersebut, jelas sudah merugikan masyarakat Aceh Jaya, ungkap Sahputra, sapaan Popon.

 

Foto : RSUD Calang, Aceh Jaya.

 

Menurut keterangan dari Direktur RSUD Calang, dikatakan mogok tersebut karena tunjangan tambahan penghasilan pegawai para dokter menurun dari tahun sebelumnya. Sehingga mereka merasa dirugikan.

 

Seharusnya, sebagai profesi seorang dokter, apapun alasannya tidak boleh mogok kerja. Dokter atau tenaga kesehatan tidak boleh memalingkan perhatiannya sedikitpun dari pasien membutuhkan pertolongan, jelas Sahputra.

 

Dia menilai mogok kerja dilakukan itu adalah tindakan salah. Karena telah melanggar Kode Etik Kedokteran. Dimana kejadian itu jelas-jelas telah melanggar hak pasien dan orang yang ingin berobat di rumah sakit.

 

Apalagi, dokter itu sudah disumpah. Berjanji akan membaktikan hidup untuk kepentingan perikemanusiaan dan senantiasa mengutamakan kesehatan pasien dengan memperhatikan kepentingan masyarakat.

 

Namun demikian, di sisi lain berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya juga harus fokus pada upaya pelayanan kepada masyarakat.

 

Di setiap permasalahan yang timbul berhubungan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat, agar segera ditangani dan diselesaikan, saran Kepala Yara Aceh Jaya itu.

 

“Jangan dibiarkan berlarut-larut. Hal ini sangat penting, sebab berhubungan dengan orang sakit yang butuh pertolongan,” demikian Sahputra.***

 

Vid, melaporkan untuk IG.NET