Jendela BarselaNanggroe AcehNasional

Pertalite Langka : Eceran Pertamax “Menjamur” Capai Rp15ribu per liter, Masyarakat Menjerit

×

Pertalite Langka : Eceran Pertamax “Menjamur” Capai Rp15ribu per liter, Masyarakat Menjerit

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH TENGGARA – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite sulit ditemukan di Kabupaten Aceh Tenggara. Akibat kelangkaan itu, pengendara roda dua dan empat terpaksa beralih ke BBM jenis Pertamax meskipun harga terbilang mahal.

Amatan IndonesiaGlobal.Net, BBM jenis Pertamax juga sulit di temukan. Beberapa SPBU terlihat tidak beroperasi di Kabupaten Aceh Tenggara.
Sementara, antrian pengendara terus terlihat untuk mendapat bahan bakar jenis Pertamax di SPBU beroperasi.

BANNER

Seperti dikatakan Salah satu pengendara roda dua, Jamirin PS, 52 tahun, kepada IGN yang mengaku sulit mendapatkan BBM Pertalite, keluh dia, Rabu 6 April 2022.

BACA JUGA:   Tiga Orang Pelajar di Aceh Selatan, Lecehkan Siswi SMA
Foto : Pembelian BBM dalam jerigen. (Salihan Beruh)

 

Hal senada turut dikatakan Sukridamsyah, 40 tahun. Menurut dia, sulitnya BBM Pertalite ini sudah dirasakan dalam kurun waktu dua pekan ini.

Kata Sukri, sudah dua pekan ini Pertalite sulit ditemukan. Yang ada cuma Pertamax saja. “Itupun kadang nggak dapat. Harganya juga mahal, tidak terjangkau dengan kami,” ucapnya.

Hal lain turut dikatakan Muliadi, 56 tahun, akibat langkanya BBM jenis Pertalite ini, justru membuat BBM jenis Pertamax laris manis ‘menjamur’ di mana-mana. “Di jual secara eceran menggunakan botol kemasan air mineral di pinggir jalan dengan harga Rp15ribu per liter,” kata Muliadi.

BACA JUGA:   Kepala BPKD Aceh Tenggara Dilantik¬†¬†

Menurut mereka, menilai ada sedikit kejanggalan terjadi atas kondisi seperti ini. Dimana BBM jenis Pertamax, justru banyak di jual secara enceran di pinggir jalan. Sedangkan kondisi di SPBU, malah sangat sulit.

 

“Apalagi pengendara terkesan dibiarkan untuk mengantri lama saat mengisi BBM.” Pertanyaannya, ucap pengendara lain. Mengapa penjual minyak eceran bisa mudah mendapatkan BBM untuk di jual.

 

Sementara kami di SPBU seperti dibiarkan menunggu dengan antrian yang panjang ? Ada apa, kata dia sambil bertanya.

BACA JUGA:   Pansel Umumkan Nama Lulus Administrasi Calon Anggota Panwaslih Pilkada Agara
Foto : BBM eceran di jual pinggir jalan

 

Hasil penelusuran IGN di beberapa penjual BBM eceran pinggir jalan, diduga mereka membeli minyak menggunakan jerigen di SPBU sekitar wilayah Agara. Kemudian, BBM itu diisii kedalam botol air mineral dengan ukuran setengah hingga satu botol dan di jual dengan per-botol, per lliter kepada konsumen.

Dilansir dari laman resmi Pertamina info harga BBM terbaru 1 April 2022 untuk Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam:

Harga BBM jenis Pertalite Rp 7.650, Pertamax Rp 12.500, Pertamax Turbo Rp 14.500, Dexlite Rp 12.950, dan Pertamina DEX Rp 13.700.***


Penulis : MAG/Salihan Beruh
Editor : VID

KIP Tingkatkan Keterbukaan Informasi
Nasional

INDONESIAGLOBAL, JAKARTA – Guna mendukung stabilitas sektor keamanan dan ketertiban masyarakat, Ketua Komisioner Komvisi Informasi Publik (KIP) Donny Yoesgiantoro menyatakan…